Assalamualaikum wr.wb

Semoga bermanfaat.....^-^

Kulit


Kulit adalah organ terbesar tubuh. Beratnya kurang lebih 4,5 kg dan menutupi area seluas 18 kaki persegi (1,67 m2) (Sloane, 1995). pH fisiologis kulit manusia berkisar antara 4,5 – 6,5 sehingga bersifat asam lemah (Tranggono, 2007). Fungsi dan kegunaan kulit diantaranya adalah sebagai pelindung, eksresi, pengatur suhu, pengindra (sensori), pembentukan pigmen,absorpsi cairan mudah menguap,eksresi dan pembentukan vitamin D . Lapisan kulit terdiri dari lapisan epidermis, dermis dan lapisan subkutan.
a.       Epidermis
Epidermis adalah bagian terluar kulit. Bagian ini tersusun dari jaringan epitel skuamosa bertingkat yang mengalami keratinasin. Jaringan ini tidak memiliki pembuluh darah dan sel selnya sangat rapat. Lapisan ini terdiri dari 5 lapisan yaitu stratum germinativum, stratum spinosum, stratum granulosum, stratum lusidum, dan stratum korneum (Sloane, 1995).
b.      Dermis
Dermis merupakan lapisan di bawah epidermis yang dipisahkan dengan  membran dasar. Lapisan ini terbentuk oleh lapisan elastik dan fibrosa padat dengan elemen selular, kelenjar,  dan folikel rambut. Membran ini tersusun dari dua lapisan jaringan ikat, yaitu lapisan papilar dan lapisan retikuler. Lapisan papilar adalah jaringan ikat areolar renggang dengan fibrolas, sel mast dan makrofag. Lapisan papilar banyak mengandung pembuluh darah, yang retikular terletak lebih dalam dari lapisan papilar dan lapisan ini tersusun dari jaringan memberi nutrisi pada epidermis di atasnya. Lapisan retikular terletak lebih dalam dari lapisan papilar. Lapisan ini tersusun dari jaringan ikat irregular yang rapat, kolagen dan serat elastik. (Sloane, 1995)
c.       Lapisan subkutan atau hipodermis (fasial supersial)
Lapisan ini mengandung jumlah sel lemak yang beragam, bergantung pada area tubuh dan nutrisi induvidu, serta berisi banyak pembuluh darah pada ujung syaraf (Sloane, 1995).

2.4.    Penuaan Dini Kulit
               Penuaan kulit merupakan proses fisiologi yang bersifat irreversibel meliputi seluruh organ tubuh termasuk kulit. Proses menua pada kulit tidak sama setiap orang. Pada orang tertentu proses menua pada kulit terjadi sesuai dengan usianya sedangkan yang lain datangnya lebih cepat, kedaan ini disebut penuaan dini (premature aging). Dua proses penuaan penuaan pada kulit yaitu penuaan secara alami yang terjadi dari dalam tubuh yang disebabkan beberapa faktor seperti genetik, hormonal dan rasial (instrinsic aging) dan penuaan dini terjadi akibat pemapan sinar UV (photoaging).
Gambaran dan Morfologi kulit yang menua diataranya adalah kulit mengering, permukaan kulit kasar, kulit keriput dan gangguan pigmentasi. Kulit kering terjadi karena menurunnya aktifitas dan fungsi kelenjar sebasea dan  kelenjar ekrin sehingga pada kulit terjadi penguapan secara berlebihan, kadar air berkurang dan kelembapan kulit berkurang. Permukaan kulit kasar disebabkan karena lapisan stratum korneum mudah terkelupas, kecenderungan sel–sel yang mati untuk melekat pada permukaan kulit dan faktor kekeringan kulit korneum karena berkurangnya lemak permukaan kulit dari kandungan air di lapisan epidermis. Kulit keriput terlihat lebih jelas garis – garis lipatan epidermis pada usis lanjut menipis sampai 20% dan lapisan terbawah epidermis yang terhubungan dengan dermis menjadi rata. Pada dermis terjadi penurunan jumlah fibroblast yang mensintesis lemak sehingga jumlah serat kolagen berkurang dan serat elastis lebih kaku dan menebal mengakibatkan kulit mudah berkeriput dan lebih jelas garis atau lipatannya. Gangguan pigmnetasi disebabkan terjadinya perubahan distribusi pigmen melamin dan perubahan melanosit. Jumlah melanosit dan fungsi melanosit menurun sehingga terjadi penumpukan melanin yang tidak teratur di dalam sel – sel epidermis.Beberapa tanda penuaan pada kulit diantaranya adalah kulit keriput, kendur, kering, timbul noda hitam. Gejala – gejala timbulnya penuaan pada kulit dapat diatasi dengan kosmetik anti penuaan. Penggunaan kosmetik antipenuaan dapat digunakan secara topikal maupun oral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Home